Menteri PANRB Blak-blakan soal Nasib Tempat Tinggal ASN di IKN

JAKARTA, CNBC Indonesia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas merilis gambaran kediaman Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlokasi di Ibu Kota Kepulauan (IKN).

Menurut dia, ASN yang akan dialokasikan ke IKN sebanyak 71.643 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK, jelas Anas pada 2024. Progres pengadaan publik ASN pada konferensi pers Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Jumat (03/05/2024).

Lantas bagaimana residensi ASN berdasarkan IKN?

Anas mengungkapkan, para ASN akan diberikan hunian, termasuk apartemen yang mampu menampung sedikitnya 3.500 orang dalam berbagai situasi.

“Kemarin saya sampaikan, opsi peralihan ke IKN akan masuk jika 47 menara sudah selesai dibangun. Artinya ASN dan TNI Polri akan punya 47 tower, kurang lebih, kalau itu terjadi, ada sekitar 3.500 yang bisa dipindahkan, jadi kita siapkan skenario yang berbeda, ”ujarnya.

Sementara itu, kata dia, timnya masih menunggu perkembangan terkini pembangunan rusun di ASN yang akan diberikan kepada IKN.

“Untuk perumahan multi keluarga, kami terus menunggu update terkini perumahan multi keluarga,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan, ASN tidak perlu mengeluarkan biaya hidup karena apartemen disediakan pemerintah, terutama bagi ASN yang berangkat lebih awal.

Sementara itu, dia menggambarkan akomodasi yang disediakan pemerintah memiliki kualitas terbaik. Mulai dari pemandangan indah, apartemen seluas 98 meter persegi, hingga titik strategis.

“Nah soal apartemen, apartemen ini tidak ada pembayarannya. Apartemen ini disiapkan oleh pemerintah. Yang pindah tahap awal ini, menurut saya, mendapat banyak keuntungan. Pertama, apartemennya luas, luasnya 98 meter persegi, pemandangannya Nah, lokasinya strategis, jadi orang pertama yang masuk, “mendapat fasilitas seperti apartemen yang bagus, luas, dan lokasi strategis dengan pemandangan alam 180 derajat, Insya Allah baru disana ,” dia berkata.

Tak hanya itu, Anas juga mengungkapkan, di apartemen yang akan ditinggali ASN, nantinya akan terdapat fasilitas pendidikan bagi anak-anak ASN. Tingkat pendidikannya dikatakan dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas.

“Kemarin perkembangan terkini Mensesneg Di setiap apartemen di bawah ini akan segera ada sekolah sebagai penunjang bagi putra-putri ASN yang akan maju mulai dari TK, SD, SMP, SMA. Sedang disiapkan. Langsung saja saya kira pemerintah,” imbuhnya.

Sementara Anas dari IKN kemudian mengklaim tidak akan ada kendaraan lain selain mobil listrik. Keunggulan IKN lainnya adalah memiliki jalan yang sangat lebar, bahkan hingga 9 lajur.

“Juga tidak akan ada mobil yang bukan mobil listrik, Bu punya mobil Mercy dan kalau tidak ada listrik pun tidak bisa dikendarai. Jadi segar sekali di sana dan kemarin Menteri Pekerjaan Umum memberitahu Presiden bahwa jalan kalau tidak salah Tapi nanti ada 9 lajur, jadi lumayan besar,” tutupnya. Tonton video di bawah ini: Video: ASN Pertama ke IKN (dce) yang mendapat Tunjangan Khusus

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours