Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Techno

Muncul Fenomena di India, Bikin Penjual Kain Sari Tidur Nyenyak

Jakarta, CNBC india – Pembayaran nontunai atau cashless berkembang pesat di India. Banyak pelanggan lebih menerima pembayaran non tunai daripada uang tunai.

“Saya telah melihat perubahan di negara ini. Kami tidak menerima pembayaran tunai,” kata Brij Kishore Agarwal, pemilik toko sari, seperti dilansir CNN International, Selasa (30 April 2024).

Dia dulu takut seseorang akan datang dan mencuri uangnya. Namun dengan pembayaran elektronik, kita mudah tertidur.

Seperti india, pembayaran digital di India menggunakan QR. Masyarakat hanya perlu mengirimkan uang dengan memindai kode QR yang dimiliki pelanggan.

Sistem pembayaran digital menggunakan Unified Payments Interface (UPI). Penggunaan transaksi tanpa uang tunai kemungkinan besar akan memainkan peran besar dalam menjadikan India sebagai kekuatan ekonomi.

Profesor ekonomi Universitas Cornell, Eswar Prasad mengatakan, “Pembayaran digital di India dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dengan menghilangkan gesekan, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya.”

Ekonomi digital saat ini akan meningkatkan inklusivitas, katanya. “UPI dan ekspansi ekonomi digital dapat mempercepat pertumbuhan inklusif,” ujarnya.

Namun, perjalanan digital India masih berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Artinya, ini terjadi lima belas tahun lalu.

Sayangnya, pertumbuhan pembayaran elektronik masih melambat. Hingga tahun 2016 atau 8 tahun, pembayaran masih mendominasi biaya pendidikan yaitu mencapai 96%.

Saat itu, Perusahaan Pembayaran Nasional India meluncurkan UPI. Bisnis dari lebih dari 600 bank anggota dan perusahaan fintech membuat transaksi digital menjadi mudah bagi masyarakat India.

Saat itu, pemerintah membatalkan dua RUU besar. Kedua negara bagian ini menyumbang 86% dari seluruh uang yang beredar.

Pencabutan ini bertujuan untuk memberantas korupsi. Namun seiring berjalannya waktu, pembayaran elektronik semakin meningkat. Tonton video di bawah ini: Chief Technology Officer Kunjungi RI. Akankah teknologi digital menjadi lebih maju? (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *