Tidak Sangka, Raja Terkaya di Dunia Bukan dari Brunei & Arab Saudi

JAKARTA CNBC Indonesia – Salman bin Abdulaziz bin Saud dari Arab Saudi bukanlah raja terkaya di dunia. Meski negara yang dipimpinnya dikenal sebagai salah satu produsen minyak terbesar di dunia, namun kekayaan Raja Salman masih kalah jauh dibandingkan Brunei dan Thailand.

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei diperkirakan memiliki kekayaan $28 miliar (Rs 438 triliun). Dia adalah raja terkaya kedua di dunia setelah Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dengan kekayaan $43 miliar.

“Sultan Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah…diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar $28 miliar,” tulis Visual Capitalist mengutip The Business Standard 2018, Minggu (17 Maret 2024).

“Sebagian besar kekayaan ini berasal dari investasi minyak dan gas. Sektor ini merupakan tulang punggung perekonomian negara, dan setengah dari PDB Brunei bergantung pada pendapatan minyak,” tambahnya.

Halaman tersebut juga menjelaskan bahwa “raja suka menghabiskan kekayaannya untuk banyak kemewahan, termasuk koleksi 7.000 truk senilai lebih dari $5 miliar dan beberapa jet pribadi.”

Setelah Hassanal Bolkiah, Raja Salman berada di urutan berikutnya dengan kekayaan bersih $18 miliar. Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Emir Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) berikutnya dengan $14 miliar.

Raja kaya lainnya adalah Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dari Qatar, yang memiliki kekayaan $2 miliar. Lalu dengan kekayaan yang sama, Raja Mohammed VI dari Maroko. Tonton video di bawah ini: Video: Keuntungan Bisnis Kopi Asli Indonesia (mkh/mkh)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours