NASA Sorot Proyek IKN Jokowi, Beberkan Foto dari Langit

Jakarta, CNBC Indonesia – Proyek Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN) yang digagas pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) juga menjadi sorotan NASA. Badan antariksa Amerika Serikat (AS) menjelaskan bentuk pengembangan IKN di dalamnya.

Gambar yang dirilis NASA diambil oleh OLI-2 (Operational Land Imager-2) di Landsat 9 dan OLI di Landsat 8. NASA membandingkan penampakan IKN pada April 2022 dan Februari 2024.

Pada foto tahun 2024, terlihat banyak lahan di hutan yang dibuka untuk pembangunan jalan utama.

Februari 2024

Sedangkan pada bulan April 2022, IKN masih terlihat sepi dengan lahan hijau yang luas.

April 2022

Pembangunan IKN akan dimulai pada Juli 2022 di kawasan hutan dan perkebunan kelapa sawit yang berjarak 30 kilometer dari Selat Makassar. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan lingkungan yang dihadapi Jakarta, ibu kota Indonesia, saat ini.

Wilayah metropolitan Jakarta memiliki populasi 30 juta jiwa dan telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Banjir yang sering terjadi, kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kekurangan air minum merupakan kejadian umum di Jakarta.

Ada juga rumor bahwa Jakarta akan tenggelam dalam beberapa tahun mendatang. Pengambilan air tanah yang berlebihan telah menyebabkan penurunan permukaan tanah hingga 15 sentimeter per tahun, dan 40 persen wilayah kota kini berada di bawah permukaan laut.

Namun, beberapa peneliti khawatir bahwa perubahan penggunaan lahan untuk pengembangan IKN dapat mengancam hutan dan satwa liar di kawasan tersebut.

Wilayah daratan dan perairan pantai yang sedang dikembangkan kaya akan keanekaragaman hayati dan merupakan rumah bagi hutan bakau, bekantan, dan lumba-lumba Irrawaddy.

Meskipun lokasinya telah banyak berubah selama satu setengah tahun terakhir, kota ini masih jauh dari siap. Pembangunannya direncanakan selesai pada tahun 2045. Tonton video di bawah ini: Raksasa Teknologi Kunjungi RI, Hilirisasi Digital Makin Canggih? (fantastis/fantastis)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours