Punya Uang Rp 1 M Sudah Merdeka Finansial? Belum Tentu…,

Jakarta, CNBC Indonesia – Kebebasan finansial adalah saat Anda terbebas dari hutang dan bisa melakukan apapun yang Anda inginkan tanpa mengkhawatirkan uang. Anda juga bisa memiliki sumber passive income yang mencukupi kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Pertanyaannya, tabungan apa yang baik untuk seseorang yang dianggap bebas finansial? Apakah Rp1 miliar, Rp5 miliar, atau lebih dari Rp10 miliar?

Jawabannya sangat bergantung pada gaya hidup dan besar kecilnya keluarga yang bersangkutan. Semakin banyak Anda berbelanja dan semakin mewah gaya hidup Anda, semakin banyak pula tabungan yang Anda perlukan untuk mencapai kebebasan finansial. Bagaimana menghitung tabungan kebebasan finansial.

Dalam studi Phillip L. Coley, Carl M. Hubbard dan Daniel T. Waltz berjudul “Sustainable Withdrawal Rate from Your Retirement Portfolio.” Anda bisa menghitung sendiri berapa jumlah tabungan yang perlu Anda tabung agar bisa mandiri secara finansial.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa jumlah dana yang dapat ditarik dari tabungan mandiri finansial adalah sebesar 4% dari total tabungan per tahun selama seluruh tabungan mandiri finansial Anda ditempatkan pada saham dan obligasi.

Alasan menaruh dana di sana karena rata-rata return saham dan obligasi dalam satu tahun selalu di atas 4%. Alhasil, tabungan Anda untuk kemandirian finansial tidak akan habis-habisnya.

Untuk mengetahui nilai tabungan mandiri finansial Anda, Anda bisa menggunakan metode pengeluaran tahunan. Misal, dengan pengeluaran bulanan sebesar Rp 10 juta, maka pengeluaran tahunan Anda adalah sebesar Rp 120 juta. Nilai tabungan Anda untuk kemandirian finansial adalah:

Tabungan untuk kemandirian finansial = (1/4%) x pengeluaran tahunan

(1/4%) x Rp 120.000.000 = Rp 3 miliar Investasi hingga akumulasi sumber daya setara dengan tabungan mandiri secara finansial

Setelah Anda mengetahui pentingnya menabung untuk kemandirian finansial, langkah selanjutnya adalah menentukan kapan Anda ingin mencapainya dan mulai berinvestasi secara rutin, baik mingguan, bulanan, atau tahunan, untuk mencapai tujuan tersebut.

Konsistenlah dengan alat investasi yang Anda kenal dan Anda akan menuai hasilnya di masa depan. Tonton video di bawah ini: Video: Seminggu setelah setengah BTC masih belum mencapai bulan (aak / aak)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours