Sah Putin Presiden ‘Seumur Hidup’, Rusia Bakal Gelar Pelantikan Mewah

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Rusia Vladimir Putin akan segera dilantik dalam upacara khidmat di Kremlin, Selasa (7/5/2024) ini. Putin (71) terpilih kembali sebagai presiden Rusia untuk masa jabatan ketiga dan menjabat selama enam tahun ke depan.

Putin memenangkan pemilihan presiden (pilpres) yang digelar Maret lalu tanpa lawan. Meski suaranya mencapai 87%.

Upacara tersebut akan disiarkan langsung di sebagian besar saluran televisi utama Rusia mulai siang hari waktu setempat, dengan iring-iringan mobil membawa Putin ke Istana Grand Kremlin Moskow, tulis AFP.

“Setelah kedatangannya, dia akan berjalan melalui koridor istana menuju Museum Saint Andrew, di mana dia akan mengambil sumpah presiden dan memberikan pidato singkat kepada rakyat Rusia,” tambah situs tersebut.

Dilaporkan bahwa pejabat pemerintah dan diplomat asing di Moskow diundang ke pertemuan tersebut. Namun, beberapa perwakilan negara Eropa seperti Polandia, Jerman, dan Republik Ceko menyatakan tidak akan mengirimkan kedutaan di tengah meningkatnya ketegangan terkait konflik di Ukraina.

Perayaan Putin terjadi dua hari sebelum Rusia memperingati “Hari Kemenangan” pada 9 Mei. Hari Kemenangan adalah hari nasional baru Rusia, yang diciptakan oleh Putin, untuk melambangkan invasinya ke Ukraina dan perjuangan Rusia melawan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

“Pihak berwenang membangun penghalang di pusat kota Moskow menjelang dua peristiwa tersebut,” tambah laporan AFP.

Putin menjadi pemimpin Rusia sejak tahun 1999. Saat itu ia terpilih menjadi Presiden Rusia akibat pengunduran diri Boris Yeltsin.

Ia kemudian diangkat menjadi Presiden Rusia pada tahun 2000 untuk masa jabatan pertamanya setelah memenangkan pemilu. Pada tahun 2008 dan 2012, ia kemudian menjadi Perdana Menteri Rusia dengan kekuasaan penuh.

Pada tahun 2018, Putin kembali menjadi Presiden Rusia. Saat itu, ia memenangkan pemilu dengan 76% suara.

Pada tahun 2020, konstitusi diubah untuk memungkinkan presiden menjabat dua periode. Putin diperkirakan akan tetap berkuasa hingga tahun 2036.

Hal ini memungkinkan dia untuk melampaui Joseph Stalin sebagai pemimpin terlama di negara itu, selama lebih dari 200 tahun, dengan mempertimbangkan rata-rata harapan hidup warga negara Rusia adalah 71,54 tahun, dia bisa menjadi “presiden seumur hidup”. Tonton video di bawah ini: Video: Putin menjadi Presiden untuk kelima kalinya (sef/sef)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours