Sama-sama Bangun AI, Ini Beda Investasi Microsoft dan Nvidia di RI

Jakarta, CNBC Indonesia – Dua raksasa teknologi global, Microsoft dan Nvidia diketahui berinvestasi di Indonesia. Keduanya telah berinvestasi dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Nvidia bermitra dengan Indosat untuk membangun bangsa AI di Indonesia. Letaknya di Solo Techno Park, dan jumlah yang disalurkan mencapai 200 juta USD atau Rp 3 triliun.

“Investasi sebesar 200 juta dolar berupa infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di kantor Kominfo, Kamis (30/04/2024).

Saat keduanya bertemu beberapa waktu lalu, Senior Vice President Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang menjelaskan, Solo dipilih karena budayanya yang kuat. Sebab investasi tersebut akan ditujukan untuk melatih para pekerja di bidang AI yang siap bekerja.

Selain itu, terdapat kampus-kampus yang didukung AI di Solo. Oleh karena itu, kerjasama dengan universitas lokal dapat dilakukan.

“Misalnya butuh penelitian, maka kita bisa bekerja sama dengan universitas,” kata Steve saat ditemui di kantor Indosat, Kamis (18/04/2024).

Keberadaan Solo Techno Park juga menjadi alasan Solo menjadi tempat berinvestasi. Pemerintahan Sol pun siap dan mendukung rencana ini.

Investasi Microsoft sebesar Rp 27,6 triliun di Indonesia

Sementara itu, Microsoft mengetahui telah membayar 1,7 miliar USD atau Rp 27,6 triliun. Ia mengungkapkan, dana tersebut untuk teknologi cloud dan kecerdasan buatan, namun detail investasinya akan dijelaskan nanti.

Detailnya untuk apa nanti. Peluangnya banyak di Indonesia, kata Budi.

Jelasnya, selain membangun infrastruktur AI cloud, Microsoft juga ingin mencetak 840.000 talenta AI digital di Indonesia dalam 4 tahun ke depan.

Pada tahun 2020, kami juga mendengar tentang rencana investasi Microsoft. Perdana Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dana yang dibutuhkan mencapai US$ 1 miliar untuk mendirikan pusat data di Indonesia.

Tadi pagi sama Microsoft. Mereka tertarik sekali bangun data center di Indonesia, ujarnya pada Januari 2020. Simak video di bawah ini: CEO Teknologi Lain Kunjungi RI, Hilirisasi Digital Makin Maju? (luar biasa/luar biasa)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours