Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Segera Digelar, Inilah Agenda dan Persiapan World Water Forum ke-10

JAKARTA, CNBC Indonesia – Indonesia akan menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Bali pada 18 hingga 25 Mei 2024. Mengusung tema “Air untuk Kemakmuran Bersama”, konferensi air terbesar di dunia ini akan mempertemukan para pemangku kepentingan untuk melaksanakan rencana jangka panjang guna mengatasi permasalahan tersebut. Masalah global dalam hal sumber daya air.

Agenda Forum Air Dunia akan dibagi menjadi tiga agenda yang saling terkait yaitu agenda politik, agenda tematik, dan agenda regional. Ketiga langkah tersebut melibatkan berbagai pihak mulai dari pemimpin nasional, menteri, pemimpin daerah, mahasiswa, peneliti hingga generasi muda untuk bertukar pikiran.

Sistem politik akan dibagi menjadi lima bagian yaitu Kepala Negara/Pemerintahan, Menteri, Parlemen, Dewan, dan Daerah. Seluruh rencana pada tahap ini akan menghasilkan deklarasi tingkat menteri yang akan menyoroti ide-ide kunci dalam proses tematik dan regional.

Selain itu, Forum Air Dunia ke-10 mengadakan 280 pertemuan, termasuk 55 acara, serta 10 sesi keynote. Rangkaian acara akan diawali dengan Upacara Penjernihan Air Bali, ritual adat khas Bali dengan konsep Rahina Tumpek serta acara dan upacara Segara Kerthi.

Konferensi dan KTT perdananya akan diadakan di BICC, Nusa Dua, pada 20 Mei 2024. Hal ini akan dilanjutkan dengan pertemuan bersama dengan pemangku kepentingan politik, bertema regional, serta pertemuan bersama dengan beberapa pemimpin nasional.

Namun pada hari yang sama, fair dan expo tersebut akan diresmikan di Aula BNDCC Nusa Dua. Area fair dan expo akan tersebar di BNDCC, BICC dan Pantai Kuta. Sedangkan pertemuan politik, tematik, dan regional dilaksanakan pada 20 hingga 24 November 2024. Sedangkan khususnya pertemuan tingkat tinggi dan pertemuan tingkat menteri akan dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 21 November 2024.

Setelah itu diadakan acara Malam Budaya (Perpisahan) di Taman Bhagwan pada tanggal 24 Mei 2024. Para tamu akan disuguhi makanan sehari-hari, tarian daerah, dan permainan tradisional Indonesia.

Sedangkan eventnya akan berakhir pada tanggal 24 Mei 2024. Setelah selesai rangkaian kegiatan World Water Forum, peserta akan diajak berwisata menikmati keindahan Bali seperti Museum Air di Tabanan, Jatiluwih. . Situs Warisan Dunia UNESCO, Danau Batur Kintamani dan Desa Budaya Ubud.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR sedang mematangkan persiapan World Water Forum. Pertama, dengan mendorong upaya promosi pariwisata berkelanjutan di desa wisata Jatiluwih, Bali, sebagai contoh transformasi kuantitas pariwisata menjadi kualitas pariwisata.

Forum Air Dunia ke-10 dirancang untuk mempromosikan keanekaragaman budaya dan pariwisata Indonesia, khususnya Bali, kepada dunia, serta bagaimana Indonesia melindungi dan melestarikan sumber daya alam sebagai bagian dari budaya dan sumber kehidupannya.

Selain itu, Dinas Pariwisata Bali berjanji akan membangun tiga tempat wisata untuk para duta besar, yakni Pura Tirta Empul di Tampaksiring, Penglaukatan Mumbul di Abiansemal, dan Penglaukatan di Jatiluwih Tabanan. Nantinya, banyak delegasi atau seksi VVIP yang digratiskan untuk tamu asing (visitor).

Pemerintah Provinsi Bali dan otoritas daerah terkait bekerja sama mengembangkan atraksi wisata dan titik pertemuan. Termasuk pembagian penger atau bambu yang dibungkus dengan daun kelapa di jalan-jalan yang dilalui ribuan delegasi sebagai bentuk penyambutan.

Sementara untuk keamanan, TNI mengerahkan 12.000 personel gabungan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Laut. Tenaga kerja gabungan ini ditugaskan untuk memberikan keselamatan dan kesehatan pada Forum Air Dunia ke-10 seminggu sebelum acara tersebut.

Hal ini dilakukan agar personel TNI yang bertugas dapat mengidentifikasi dan memetakan wilayah yang memerlukan perlindungan lebih. Personil TNI tidak hanya menjaga wilayah darat tetapi juga wilayah udara dan laut di sekitar Pulau Dewata.

Sementara itu, masyarakat, menteri dan organisasi meningkatkan komunikasi dan promosi Forum Air Dunia ke-10. Konsultasi publik pada Forum Air Dunia ke-10 banyak diselenggarakan di dalam dan luar negeri.

Tonton video di bawah ini: Cominfo berjanji tidak akan ada ikatan selama Forum Air Dunia (bull/bull)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *