Sim Salabim! Kamu Bisa Tahu Kapan Cuan 100% dengan Cara Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap investor ingin mengetahui kapan investasinya akan berlipat ganda di masa depan. Cara sederhana untuk memperkirakannya adalah dengan menggunakan rumus aturan 72.

Menurut laporan Forbes, Rule of 72 adalah formula yang mudah digunakan untuk memastikan investasi Anda mendapat pertumbuhan 100%.

Bagaimana cara kerja Aturan 72? Berikut penjelasan rumus 72

Jika investasi Anda menghasilkan 8% per tahun, diasumsikan bahwa nilai investasi Anda akan berlipat ganda atau 100% dalam waktu sekitar sembilan tahun.

Dari mana angka-angka ini berasal? Rumusnya sederhana saja yaitu:

72 : 8 = 9 tahun

Perlu diingat bahwa Peraturan 72 berlaku dengan asumsi bahwa laba suatu investasi akan tetap konstan sepanjang waktu dan bahwa investasi tersebut akan direalisasikan tanpa penambahan modal tambahan pada suatu waktu atau di masa depan.

Dengan memahami Aturan 72, Anda dapat menilai dengan lebih baik potensi pertumbuhan investasi Anda di masa depan. Mari kita buktikan.

Pada tahun pertama, seseorang menginvestasikan Rp 1 juta pada instrumen yang memberikan return bersih sebesar 8%. Jika dia meninggalkan modalnya selama 9 tahun, Rp 1 juta menjadi Rp 2,02 juta.

Rumus Rule of 72 digunakan karena terdapat faktor bunga majemuk dalam perhitungan ini. Semakin tinggi tingkat pengembalian investasi, semakin cepat modal investasi Anda tumbuh hingga 100%. Kapan saya harus menggunakan akun ini?

Anda dapat menggunakan kalkulator ini saat pertama kali ingin melakukan analisis awal terhadap kinerja investasi jangka panjang Anda.

Aturan 72 merupakan rumus yang sangat sederhana dan tidak memerlukan analisis yang rumit. Namun, karena tidak ada hasil investasi yang “terjamin” kecuali surat utang pemerintah, sebaiknya analisis investasi Anda dilakukan secara menyeluruh.

Anda juga perlu mengatur ekspektasi imbal hasil karena imbal hasil investasi yang Anda peroleh mungkin masih jauh dari ekspektasi Anda.

Tonton video di bawah ini: Video: Simak! Begini Cara THR Mengetahui Cara Menangani Uang dengan Bijaksana (aak/aak)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours