Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

Tata Cara dan Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat

Jakarta, CNBC Indonesia – Sholat Dhuha merupakan salah satu salat sunah yang dianjurkan. Perbedaannya terletak pada waktu pelaksanaannya, yaitu salat ini dilakukan pada pagi hari sejak subuh hingga menjelang waktu salat Zuhur.

Sesuai dengan buku “Solat Dhuha Dulu, Yuk!” Imron Musthofa, Sholat Dhuha mempunyai hukum sebagai muakkad sunnah. Rasulullah Shallallahu Alayhi Wasallam sangat menganjurkan terlaksananya shalat ini, sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah RA, yang bersabda: “Kekasihku, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan aku berpuasa tiga hari setiap bulannya. dua rakaat Zhuh dan witir sebelum tidur” (HR Bukhari, Muslim dan Abu Dawud). Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Nabi SAW, beliau menyatakan bahwa shalat Zhuha. dapat membukakan pintu kelangsungan hidup bagi kita di dunia Sebagaimana dikatakan oleh Nu’aim bin Hammar Al Ghotofanii, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Allah SWT bersabda: Wahai anak Adam, jangan biarkan 4 raka’at shalat di awal hari (di waktu Dhuha) Maka kamu akan merasa cukup di akhir hari, “(HR Ahmad) Tidak hanya itu, dalam riwayat Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad saw. , dikatakan bahwa doa Roh juga dapat menghapus dosa-dosa kita.

Artinya: “Barangsiapa dapat menunaikan shalat Dhuha selama-lamanya, maka Allah akan mengampuninya, meskipun dosanya seperti buih yang mengambang.” (HR Turmudzi).

Tata Cara dan Niat Sholat Zhuha 2 Rakaat Bacaan niat Sholat Zhuha 2 Rakaat yang diambil dari Buku Praktis Panduan Sholat Wajib-Sunnah (2017) adalah sebagai berikut:

Layanan Pelanggan yang Dapat Diatur

Ushalli sunnatadh Dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya : “Saya niat shalat sunnah dhuha dua rakaat karena cinta kepada Allah Ta’ala.”

Niat ini bisa dibaca dalam hati atau diucapkan.

Berikut tata cara salat Dhuha 2 rakaat yang baik dan benar:

Rakat Pertama 1. Baca niat shalat Dhuha 2. Takbiratul ihram 3. Baca doa pembuka (disarankan). Membaca surat Al-Fatiha 5. Membaca surat Asy-Syaams 6. Membungkuk dengan tuma’nin (tenang). Iktidal sa tuma’ninah.8. Sajda Pertama dengan Tuma’nain 9. Duduk di antara dua Sajda dengan Tuma’nain 10. Sajda Kedua dengan Tuma’nain 11. Berdiri untuk melakukan rakaat kedua.

Rakaat Kedua 1. Membaca surat Al-Fatihah 2. Membaca surat Ad-Dhuha 3. Rukuk dengan tuma’nin 4. Iqtidal dengan tuma’ninah 5. Sajdah pertama dengan Tuma’nin 6. Duduk diantara dua Sajdah dengan Tuma’ nin 7. Sajdah Kedua dengan Tuma’nin 8. Duduk dan membaca Tashahhud terakhir. Salam untuk penutup doa.

Usai salam, dilanjutkan dengan doa dan nyanyian.

Doa Setelah Sholat Dhuha 2 Rakaat Dikutip dari buku Keberkahan Salat Dhuha, Raih Reziki Sangamang Hari ditambah ayat dan doa pembuka makan oleh Ustaz Arif Rahman, inilah doa setelah sholat Dhuha yang bisa diucapkan:

Cari untuk melihat dan Anda dapat menemukan pesan yang tersedia dan situs web, Anda dapat menemukannya di kategori ETT و مالك وقوتك وقدرتك تنى ماتيت عبا Who

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka val bahaa’a bahaa’uka val jamaala jamaaluka val kuvvata kuvvatuka val-kudrota kudratuka val ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma dalam kaana rizkii fis-samaa’i fa anzilhu, masuk dalam kaana fil ardi fa akhrijhu, masuk dalam kaana mu’assiran fa iassirhu, masuk dalam kaana haraaman fa tahhirhu masuk dalam kaana ba’iidan fa karribhu bi hakkiva bahaa ‘ika va jamalika va kuvvatika va kudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Itu berarti:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu shalat adalah waktu shalatmu, keindahan adalah keindahanmu, keindahan adalah keindahanmu, kekuatan adalah kekuatanmu, kekuatan adalah kekuatanmu, dan perlindungan adalah pelindungmu.”

“Ya Allah, jika makananku masih di surga, kirimkanlah, dan jika di bumi, keluarkan, jika sulit, permudahlah, jika dilarang, balaslah, jika selalu jauh, Mendekatlah kepada-Nya, dengan rahmat-Mu, keagungan, kekuatan dan kekuasaan, curahkan kepada kami segala yang telah Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh “Saksikan video di bawah ini: Binaan Asuransi Siariah Ungkap Prospek Perlindungan Dana Kendaraan Listrik (mik /mik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *