Uji Coba Penangkapan Ikan Terukur Resmi Dimulai, Lokasinya di Sini

JAKARTA, CNBC Indonesia – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan penerapan Alat Percontohan Penangkapan Ikan (PIT) resmi dilakukan hari ini di PIT Zona III yakni Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 718.

Kata Pak Trenggono pada konferensi pers Indonesia Water Business Forum 2024 di Jakarta, Senin (29/04/2024).

Trenggono menjelaskan, uji coba ini akan dilakukan selama 3 bulan di armada WPPNRI 718 yang meliputi Laut Aru, Laut Arafuru, dan Laut Timor Timur. Namun jika dalam waktu tiga bulan dirasa gagal, maka jangka waktunya akan diperpanjang menjadi enam bulan.

“Saya minta Plt Dirjen Perikanan Tb Haeru Rahayu tiga bulan ke depan bisa sukses, kalau tidak tiga bulan, enam bulan bisa sukses. Nah, paling lama enam bulan.” dia menjelaskan.

Setelah uji coba penerapan PIT, pemerintah akan mengevaluasi hasilnya sebelum implementasi Bersama di berbagai Wilayah Pengelolaan Perikanan Indonesia (WPPNRI) lainnya.

Sementara itu, pada awal Juli 2024, menurut dia, penangkapan ikan di zona 3 GPM akan dikirim ke luar. Namun, dia belum bisa merinci tujuan ekspornya.

Hal itu disampaikan kepada Pemerintah pada tahun 2023 untuk mencatat pelaksanaan program tersebut. dalam peraturan no. 11 tentang Penangkapan Ikan Terukur yang merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat nelayan dalam kaitannya dengan penangkapan ikan, termasuk pemeliharaan stok ikan secara lestari. .

Selain itu, tujuannya untuk meningkatkan penerimaan negara melalui pemungutan pajak PNBP sektor kelautan dan perikanan.

Tonton video di bawah ini: Video: Menteri Trenggono Ungkap Alasan Sulitnya Memasukkan Ikan Indonesia ke Eropa (wur)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours