Urgensi Integrasi Teknologi ke dalam Hilirisasi Digital Indonesia

Tahun 2023 akan menjadi periode istimewa bagi kehidupan investasi Indonesia. Dengan total realisasi investasi sebesar Rp 1.418,9 triliun, Indonesia mampu memperoleh kepercayaan yang kuat dari investor di tengah ketidakpastian lingkungan politik.

Realisasi investasi Indonesia mencatat pertumbuhan eksponensial sebesar 75,26% menjadi Rp 809,6 triliun pada tahun 2019. Menyadari investasi bukan sekedar angka, kita perlu melihat lebih dalam.

23 Fraud dan UMKM Pada tahun 2023, Indonesia akan mengalami fenomena perekonomian yang luar biasa, dengan lebih dari 3,7 juta proyek UMKM yang memberikan kontribusi sebesar 278,1 triliun terhadap perekonomian negara. Indikator ini bukan sekedar statistik, namun merupakan bukti nyata betapa pentingnya peran usaha kecil dan menengah dalam struktur perekonomian Indonesia.

Mencakup hampir 99% total wirausaha di negara ini, usaha kecil dan menengah kini menjadi tulang punggung perekonomian, memperkuat fondasi perekonomian dan menciptakan lapangan kerja bagi jutaan warga menuju adaptasi digital. Inisiatif digitalisasi yang diprakarsai oleh beberapa usaha kecil dan menengah menunjukkan pemahaman bahwa transformasi teknologi dan gerakan adaptif diperlukan agar tetap relevan dan kompetitif di pasar global.

Inti dari digitalisasi mulai berkembang mulai dari penggunaan teknologi terkini, UKM hingga menggunakan alat digital untuk memperluas pasarnya, meningkatkan efisiensi operasional dan pada akhirnya mengoptimalkan pertumbuhan dan profitabilitas di era ekonomi digital.

Langkah ini merupakan pengakuan bahwa di era digital, penetrasi dan adaptasi teknologi bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan bagi setiap bisnis untuk bertahan dan berkembang sebagai ekosistem yang mencakup seluruh aspek bisnis. Istilah “ekosistem” sendiri menggambarkan kompleksitas tantangan digital yang dihadapi usaha kecil dan menengah, tidak terbatas pada situs web atau profil media sosial.

Apalagi menurut Ahmad Solehan (2023), digitalisasi sebagai inovasi merupakan proses yang kompleks dan dinamis yang membentuk potensi masa depan yang lebih baik. Dapat disimpulkan bahwa di era global saat ini, tulang punggung UKM untuk memaksimalkan pertumbuhan dan potensi kompetitifnya adalah digitalisasi. sebagai regulator atau fasilitator, namun juga sebagai pemain kunci yang menjembatani kesenjangan antara UKM dan berbagai sumber daya untuk sukses di era digital. Bukti nyata dari hal ini adalah diluncurkannya program Single Online Delivery (USS), sebuah inisiatif positif dari Kementerian Investasi/BKPM. Namun, selalu ada ruang untuk perbaikan dimana pemerintah dapat memperluas perannya melalui inisiatif perangkat lunak yang inovatif. meningkatkan kapasitas digital UKM. Misalnya pada aspek pembiayaan digital, pemerintah dapat menjadi penghubung kerja sama antara UKM dengan lembaga keuangan/teknologi, dengan syarat pembiayaan yang lebih fleksibel dan berdasarkan kebutuhan UKM untuk memperkuat ekonomi digital. Apakah program pelatihan terstruktur dapat diterapkan pada platform industri atau online di bidang pemasaran digital dan analisis data? Inisiatif ini direncanakan secara berkala untuk memastikan partisipasi luas pemilik LSL di seluruh negeri, terutama mereka yang memiliki akses terbatas terhadap pendidikan digital.

Dengan metode pengajaran, termasuk kasus, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan konsep digital secara inovatif dalam usahanya, sehingga meningkatkan adaptasi usaha kecil dan menengah terhadap dinamika pasar digital, guna mengembangkan sistem yang terintegrasi. ekosistem, pemerintah. Perlunya memberikan kesempatan dan kesempatan yang sama kepada UKM di seluruh tanah air, khususnya di bidang 3D. Hal ini mencakup peningkatan infrastruktur dan literasi digital yang memungkinkan semua komunitas menggunakan teknologi digital, mengintegrasikan UKM ke dalam ekonomi digital, dan memaksimalkan sumber daya alam secara berkelanjutan untuk arus digital UKM, yang menghubungkan hilir dengan diskusi ini a. strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal, khususnya melalui pembangunan infrastruktur dan literasi digital. Oleh karena itu, ekosistem digital yang terintegrasi berperan penting dalam mendukung arus, merangsang inovasi dan meningkatkan posisi kompetitif Indonesia di dunia, pengembangan infrastruktur digital dan peran digitalisasi dalam rantai pasokan industri strategis. Kebijakan ini memiliki tiga tujuan utama: memperluas akses internet dan literasi digital ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya wilayah 3D, mendukung transformasi digital UMKM, dan mengembangkan sumber daya manusia di bidang teknologi seperti blockchain dan AI. , pembelajaran mesin. dan analisis data besar. Dari sisi pengembangan sumber daya manusia, meliputi optimalisasi pelatihan sumber daya manusia untuk pemanfaatan teknologi secara optimal, termasuk peningkatan kemampuan dalam pendidikan digital dan pengembangan kemampuan untuk menyediakan teknologi canggih bagi penggunanya.

Poin-poin tersebut diyakini dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai sektor seperti pertanian, transportasi, ritel, dan logistik di Indonesia yang berpotensi besar meningkatkan perekonomian Indonesia. Berdasarkan studi yang dilakukan LPEM, UI, dan Yayasan Kelautan Nusantara, 96,8% nelayan merasa produktivitas dan gaya hidup Aruna terdampak positif oleh teknologi dan digitalisasi.

Dengan data tersebut, saya memperkirakan munculnya kombinasi yang lebih kompleks antara teknologi dan sektor sumber daya sebagai katalis yang akan memaksimalkan peluang arus digital di Indonesia, meninggalkan target investasi tahun 2024 sebesar 1650 triliun, pentingnya sinergi. digitalisasi dan hilirisasi menjadi semakin penting. Sebagai penutup refleksi ini, perlu kita tekankan bahwa arus digital merupakan landasan utama yang menerangi jalan menuju perekonomian Indonesia yang maju dan berdaya saing.

Bahkan realisasi aliran rendah sebesar Rp375,4 triliun tentu menunjukkan peluang besar yang menunggu untuk dijajaki lebih lanjut. Dengan memperluas inovasi digital, Indonesia tidak hanya akan memperkuat posisinya di kancah dunia, namun juga memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. (miq/miq)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours