Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Lifestyle

Usai Marteen Paes, Ini 2 Calon Pemain Timnas yang Siap Jadi WNI

Jakarta, CNBC Indonesia – Usai mengamankan status kewarganegaraan calon kiper Tim Nasional Indonesia (Timnas) Maarten Paes, PSSI akan fokus pada proses naturalisasi calon kiper timnas lainnya yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Sebelumnya, Paes resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta usai mengucapkan sumpah kewarganegaraan pada Selasa (30/4/2024) lalu. Dengan demikian, kiper berusia 25 tahun kelahiran Nijmegen Belanda itu berpeluang bergabung dengan tim Garuda pada Juni mendatang untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan, begitu status kewarganegaraan Paes ditangani, pihaknya akan segera menyelesaikan proses naturalisasi Verdonk dan Raven. Kedua sosok tersebut merupakan pemain asal Belanda.

“Maarten Paes sudah resmi menjadi WNI. Sedangkan pemain NEC Nijmegen Calvin Verdonk dan Jens Raven dari FC Dordrecht juga sedang dalam proses naturalisasi,” kata Eric dalam keterangannya, dilansir laman resmi PSSI, Kamis (2/5). . ). /2024).

Sejauh ini, proses naturalisasi yang paling banyak didengar adalah Verdonk. Sebelumnya, pemain asal Meulaboh, Aceh itu mengaku sedang menjalani proses naturalisasi. Hal itu disampaikannya dalam wawancara di channel YouTube Yussa Nugraha.

“Kalau boleh jujur, kami sedang dalam proses (naturalisasi). Jadi sekarang kami menunggu bagaimana prosesnya,” kata Verdonck.

“Kalau semua prosedurnya sudah selesai, kita lihat saja nanti saya bisa bermain di timnas Indonesia, tapi saat ini kami sedang mengusahakannya,” sambung pemain NEC Nijmegen itu.

Terkait naturalisasi Verdonk, Shin Tae-yong menyebut pemain berusia 27 tahun itu berpeluang membela Timnas Indonesia sekitar dua bulan lagi.

“Calvin [Verdonk] sedang mencoba naturalisasi. Mungkin Juni kalau cepat. Saya juga sudah lihat langsung penampilannya dan dia bagus sekali, jadi sangat membantu timnas Indonesia,” kata STY, dilansir CNN Indonesia. .

Sedangkan Raven, yang masih berusia 18 tahun, dikabarkan memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Yogyakarta. Pemain kelahiran 12 Oktober 2005 ini saat ini membela Dordrecht U-21 dan berposisi sebagai penyerang tengah.

Sementara itu, Eric menegaskan, proses naturalisasi para pemain tidak akan dilakukan secara “membabi buta”.

“Saya belum bicara soal penambahan [pemain naturalisasi dengan Shin Tae-yong] karena kami masih fokus pada proses naturalisasi hari ini,” kata Eric. Tonton video di bawah ini: Video: Tim nasional melakukan naturalisasi lebih banyak pemain di dunia Muslim yang kaya raya (rns/rns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *