Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Warga Doyan Beli Emas, Harga Logam Mulia di Pegadaian Bisa Rekor Lagi

JAKARTA, CNBC INDONESIA – Harga emas batangan yang diperdagangkan di PT Pegadayan Exchange terlihat stabil pada perdagangan hari ini, Senin (22/4/2024).

Pegadian sendiri menjual berbagai jenis emas yaitu emas Antum, UBS dan Gallery 24 mulai dari ukuran 0,5 gram hingga 1000 gram.

Pada perdagangan hari ini, harga 1 gram emas Antam tercatat 1 juta 381 ribu. Emas ini tersedia dalam ukuran/denominasi mulai dari 0,5 gram hingga 1000 gram.

UBS yang dikeluarkan PT Untung Bersama Sejahtera dibanderol Rp1.356.000 per gram. UBS Gold tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 0,5 gram hingga 500 gram.

Harga emas Galeri24 Rp 1.342.000 per gram. Galeri24 Gold tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 0,5 gram hingga 1000 gram.

Harga emas di Pegadian masih stabil pada perdagangan hari ini, namun masih ada ruang untuk bergerak kembali seiring dengan kuatnya permintaan.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadian Zulfan Adam menjelaskan bisnis emas Pegadian mengalami pertumbuhan pesat selama bulan Ramadhan.

Transaksi setoran emas pada Maret 2024 atau menjelang lebaran meningkat sebesar 8,33% dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan deposit emas secara tahunan (YoY) meningkat sebesar 22,40% year-on-year.

Penjualan perhiasan dan emas batangan anak perusahaan Galeri meningkat 19,6% year-on-year menjadi 2,3 ton antara 24-31 Maret 2024.

Diikuti dengan peningkatan jumlah nasabah dan saldo simpanan emas di Pegadian, kata CNBC Indonesia.

Basis pelanggan Pegadian tumbuh 4,4% atau 7,7t menjadi 3,7% (y/y) atau 9,7 juta pelanggan (y/y) per 31 Maret 2024.

Nasabah mudah mendapatkan saldo deposit emas mulai dari 0,01 gram atau sekitar Rp 12 ribu setelah harga emas saat ini.

Permintaan emas global masih tinggi didorong oleh bank sentral di beberapa negara. Tiongkok telah menjadi salah satu pemburu logam mulia yang paling rajin dalam beberapa bulan terakhir.

Emas merupakan salah satu safe haven atau aset aman yang banyak dicari untuk melakukan lindung nilai, terutama ketika ketidakpastian sedang tinggi.

Ketidakpastian tercermin dari meningkatnya ketegangan konflik Iran-Iran. Israel dikabarkan menembakkan rudal sebagai balasan terhadap Iran pada Jumat (19/4/2024). Hal ini diungkapkan seorang pejabat tinggi Amerika kepada ABN News.

Riset CNBC Indonesia

Research@Jurnal Berita

Tonton video di bawah ini: Video: Emas Bersinar di Bulan Kemenangan, Saatnya Beli atau Jual? (Ras/Etnis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *