Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

News

Warning! PVMBG Sebut Potensi Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang

Jakarta, CNBC Indonesia – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, untuk menghindari memasuki kawasan dalam radius tujuh kilometer dari pusat kawah aktif. Artinya, tsunami bisa terjadi kapan saja selama letusan Ruang.

Peneliti Middle Earth Hetty Triastuti menjelaskan Gunung Ruang kembali meletus pada 30 April pukul 01:15 Wita. Oleh karena itu, Survei Geologi kembali menaikkan status Gunung Ruang dari Level III (Peringatan) menjadi Level IV (Peringatan).

Sebagai tindakan pencegahan, PVMBG mengimbau warga untuk tetap berada dalam radius tujuh kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang, kata Heti.

Ia mengimbau warga yang berada di kawasan Pulau Tagulandang yang letaknya pada jarak yang disarankan, segera mengungsi ke tempat aman dalam radius tujuh kilometer.

“Kepada masyarakat Pulau Tagulandang, khususnya yang tinggal di dekat pantai, untuk mengetahui bahwa gunung berapi tersebut dapat meletus karena awan panas dan tsunami yang disebabkan oleh masuknya bahan peledak ke laut atau bagaimana tubuh gunung tersebut runtuh. laut,” ujarnya dalam jumpa pers, Selasa (30/4/2024).

Sebelumnya, saat Gunung Ruan meletus pada 17 April 2024, peringatan tsunami juga dikeluarkan oleh PVMBG. Namun peringatan tsunami baru dikeluarkan kemudian saat aktivitas Gunung Ruang mulai mereda.

Muhammad Wafid, ketua tim geologi, mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan G. Ruang di lapangan. Pasalnya, keluarnya material abu dapat menimbulkan tsunami, awan panas, dan lava yang jatuh ke laut.

“Saya perintahkan untuk diawasi dari waktu ke waktu. Kami akan terus memantau, termasuk kemungkinan terjadi (tsunami),” kata Wafid kepada CNBC Indonesia, baru-baru ini.

Simak video di bawah ini: Video: Penutupan Bandara Sam Ratulangi diperpanjang hingga hari ini (luc/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *