Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Money

Yield SBN Naik Terus, Reksa Dana Ini Bisa Bikin Cepat Kaya?

JAKARTA, CNBC Indonesia – Stabilnya imbal hasil obligasi pemerintah (SBN) jelas membebani kinerja reksa dana pendapatan tetap berbasis SBN yang kurang baik. Namun sebaliknya, kinerja reksa dana pendapatan tetap berbasis obligasi tetap stabil.

Berdasarkan data Edvisor.id, imbal hasil SBN tenor 10 tahun berada di level 7,20% pada penutupan perdagangan 26 April 2024, sedangkan periode yang sama Maret 2024, imbal hasil SBN bertahan di angka 6,69%.

Seperti diketahui, BI merilis data trans

Selama 22-25 April 2024, investor asing di pasar keuangan domestik mencatatkan jual bersih Rp2,47 triliun, terdiri dari jual bersih di pasar surat berharga negara (SBN) Rp2,08 triliun, jual bersih Rp2,34 triliun. . Di pasar surat berharga negara (SBN). pasar saham dan pembelian bersih sebesar 1,95 triliun rupiah dari Bank Sekuritas Rupiah (SRBI).

Tercatat pula, dari 10 reksa dana pendapatan tetap yang memiliki banyak dana kelolaan, seluruhnya merupakan reksa dana berbasis sukuk atau reksa dana pendapatan tetap korporasi. Dari 10 reksa dana tersebut, tidak ada satupun yang sahamnya didominasi oleh SBN.

Di antara 10 reksa dana tersebut, Insight Simas Asna Syariah Pendapatan Tetap I Asna menjadi reksa dana pendapatan tetap dengan kinerja bulanan tertinggi yaitu 1,2%.

Di bawah ini adalah daftar 10 reksa dana pendapatan tetap bulanan teratas.

Menyikapi informasi di atas, adakah indikasi bahwa reksa dana berbasis obligasi atau sukuk korporasi merupakan alternatif yang lebih baik dibandingkan berbasis SBN?

Reksadana pendapatan tetap yang berbasis obligasi atau sukuk tentu bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendiversifikasi investasi karena cenderung memiliki nilai yang stabil dan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang.

Namun, salah satu risiko yang perlu dipertimbangkan adalah obligasi atau sukuk korporasi bukanlah investasi bebas gagal bayar seperti SBN.

Simak video di bawah ini: Video: Berikut dampak pelemahan rupee terhadap keuntungan investasi reksa dana (aak/aak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *