10 Minuman Ampuh Bikin Perut Rata Menurut Pakar Diet

JAKARTA, CNBC Indonesia – Perut buncit tentu bisa berdampak buruk pada penampilan Anda. Selain itu, perut kembung juga dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Ahli gizi bersertifikat Trista Best menemukan bahwa ada banyak minuman yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan lemak perut.

Meskipun bukan ramuan ajaib yang menjamin hasil instan, minuman berikut dapat melengkapi program diet seimbang dan olahraga untuk membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan.

Berikut beberapa minuman yang bisa mengecilkan perut menurut Eat This, Not That.1. air

Air adalah cara utama untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal. Segelas air dapat merangsang metabolisme dan membantu mengendalikan nafsu makan.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan juga dapat membuat Anda merasa kenyang sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebihan. Usahakan minum setidaknya delapan gelas air setiap hari untuk memastikan hidrasi optimal dan kesehatan pencernaan.

“Hidrasi yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan, mencegah makan berlebihan dan mendukung metabolisme,” kata Best.2. teh hijau

Teh hijau seringkali dianggap sebagai jenis teh yang paling menyehatkan karena mampu mempercepat metabolisme tubuh. Teh hijau memiliki kandungan katekin yang tinggi.

Antioksidan alami ini meningkatkan oksidasi lemak, meningkatkan sensitivitas insulin dan mendukung pengendalian berat badan yang sehat. Selain itu, kandungan kafein dalam teh hijau yang moderat dapat memberikan dorongan energi ringan, menjadikannya alternatif yang bagus untuk minuman manis dan berkalori tinggi.

“Teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa seperti katekin, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak,” ujar Best.3. Air lemon

Air lemon kaya akan vitamin C yang mendukung proses oksidasi lemak tubuh. Minum air lemon hangat di pagi hari dapat mempercepat metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga berpotensi mencegah Anda makan berlebihan di kemudian hari.

“Air lemon rendah kalori dan dapat membantu pencernaan dan detoksifikasi. Ini juga menambah rasa pada air biasa, membuatnya lebih enak untuk diminum,” jelas Best.4. Air jahe

Menurut penelitian tahun 2021, air jahe dapat meredakan sakit perut, meredakan kembung, dan mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Manfaat tersebut menunjang perut rata dengan mencegah masalah pencernaan yang dapat menyebabkan kembung sementara.

“Jahe memiliki sifat anti inflamasi dan dapat melancarkan pencernaan, berpotensi mengurangi kembung dan membuat perut menjadi lebih rata,” kata Best.5. air mentimun

Air yang terkandung dalam timun mampu menjaga Anda tetap terhidrasi dan mengatur berat badan. Mentimun terdiri dari lebih dari 95% air, membuatnya sangat menghidrasi.

Selain itu, buah ini mengandung senyawa yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

“Air mentimun menyegarkan dan rendah kalori. Ini membantu Anda tetap terhidrasi dan dapat memiliki efek diuretik ringan,” katanya.6. Teh pepermin

Menurut pakar Mount Sinai, teh peppermint merupakan minuman penenang yang diketahui memiliki khasiat melancarkan pencernaan. Dapat meredakan gas, kembung dan gangguan pencernaan dengan menciptakan rasa lebih nyaman di perut dan meratakan perut.

“Teh mint dapat meredakan ketidaknyamanan pencernaan dan mengurangi kembung, menjadikannya pilihan yang baik untuk perut rata,” kata Best.7. cuka sari apel

Cuka sari apel (ACV) dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ACV dapat meningkatkan penurunan lemak, terutama bila dikombinasikan dengan pola makan sehat dan olahraga.

Untuk menambahkan ACV ke dalam rutinitas Anda, encerkan satu sendok makan ke dalam segelas besar air dan konsumsi sebelum makan.

“Beberapa orang mengklaim bahwa ACV dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Campur dengan air atau gunakan dalam saus salad,” kata Best.8. Teh herbal

Penelitian menunjukkan bahwa meminum teh herbal dapat membuat Anda tetap terhidrasi sekaligus memberikan potensi manfaat untuk pencernaan dan pengelolaan berat badan.

“Teh herbal seperti dandelion, kamomil, dan adas dapat membantu pencernaan dan mengurangi retensi air, sehingga berpotensi membuat perut menjadi lebih rata,” kata Best.9. Minuman berprotein

Protein shake adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan protein Anda. Menurut sebuah studi tahun 2020, minuman berprotein dapat meningkatkan pengendalian nafsu makan dan pemeliharaan otot.

Pilih protein shake bebas gula yang memberikan campuran protein, serat, dan nutrisi penting yang seimbang. Mengonsumsi protein shake sebagai camilan atau pengganti makanan dapat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi total asupan kalori. Air kelapa

Meskipun air kelapa tidak secara langsung menargetkan lemak perut, air kelapa dapat meningkatkan fungsi metabolisme, mencegah retensi air, dan mengurangi kembung sekaligus menjaga Anda tetap terhidrasi.

“Air kelapa merupakan minuman alami kaya elektrolit yang dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan keseimbangan cairan,” kata Best. Simak videonya di bawah ini: Video: DNA Bercahaya Membuat Kulit Bebas Flek Hitam dan Cerah (hsy/hsy)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours