6 Ciri Gejala Jantung pada Pria, Apa Saja?

Jakarta, CNBC Indonesia – Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia dan dikenal sebagai silent killer.

Dinamakan demikian karena gejalanya biasanya muncul secara tiba-tiba dan biasanya terjadi pada kasus yang parah. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa serangan jantung diperparah dengan penyakit jantung.

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke jantung berkurang atau tersumbat, sehingga jaringan otot jantung rusak atau mati serta tidak dapat berfungsi dengan baik.

Dapat dikatakan bahwa serangan jantung lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Gejala yang bisa dikenali saat serangan jantung berbeda antara pria dan wanita.

Berikut beberapa gejala yang dialami orang menurut laman Louisiana Heart and Vascular:

1. Nyeri dada Nyeri dada merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang paling umum. Namun gejala ini lebih sering dialami oleh pria dibandingkan wanita.

Umumnya nyerinya ada di dada sebelah kiri. Hal ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga menimbulkan rasa nyeri seperti ditekan atau diremukkan.

Nyeri dada ini bisa terjadi kapan saja, saat beraktivitas maupun saat istirahat. Rasa sakitnya mungkin berlangsung selama beberapa menit dan hilang dengan sendirinya.

2. Sakit pada tubuh sebelah kiri Selain dada, penyakit jantung juga bisa menjalar ke bagian tubuh lain di sebelah kiri, seperti tangan, bahu, dan lain-lain. Bahkan, pada beberapa kasus, nyeri juga bisa menjalar hingga ke rahang dan tenggorokan.

Meski begitu, nyeri di bagian tubuh ini mungkin tidak langsung diumumkan sebagai tanda penyakit jantung. Periksakan dulu ke dokter mengenai gejala yang Anda alami, terutama jika disertai nyeri dada sebelah kiri.

3. Gangguan irama jantung Ciri-ciri penyakit jantung pada pria juga bisa berupa gangguan irama jantung atau disebut juga aritmia. Aritmia adalah suatu kondisi yang menyebabkan jantung berdetak tidak normal, misalnya terlalu lambat (bradikardia) atau terlalu cepat (takikardia).

Aritmia juga menjadi salah satu gejala yang sering terjadi pada orang yang pernah mengalami serangan jantung atau serangan jantung mendadak.

4. Sesak napas Sesak napas merupakan salah satu ciri penyakit jantung pada pria. Kondisi ini biasanya terjadi karena jantung tidak dapat memompa darah dan oksigen secara efektif.

Sebagai responnya, tubuh akan berusaha bernapas lebih cepat untuk mendapatkan oksigen dari udara. Inilah sebabnya mengapa penderita penyakit jantung sering kali mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas.

5. Pusing Pusing merupakan salah satu ciri penyakit jantung pada pria yang sering dianggap remeh karena mirip dengan gejala penyakit ringan lainnya. Gejala tersebut bisa terjadi ketika sistem kelistrikan jantung tidak bekerja dengan baik sehingga menyebabkan jantung berdetak tidak teratur.

6. Keringat dingin Umumnya penyakit jantung menyebabkan gangguan yang memaksa jantung bekerja lebih keras dalam menjalankan fungsinya memompa darah. Akibatnya, suhu tubuh bisa meningkat.

Untuk mengatasinya, tubuh akan memproduksi keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Oleh karena itu, penderita penyakit jantung bisa berkeringat meski di ruangan tidak hangat atau dingin. Simak videonya di bawah ini: Video: Saksikan Iklan Minuman Kecantikan yang Lagi Hot di RI (miq/miq)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours