Pertama di Dunia, Perusahaan RI Ini Bikin Aplikasi AI Bisnis Kuliner

Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan teknologi Indonesia PT Esensi Solusi Buana (ESB) memproduksi sistem POS (point of sale) dan ERP (enterprise resource Planning) yang didukung teknologi AI (artificial Intelligence).

AI pada sistem POS dan ERP ESB dapat secara otomatis memberikan rekomendasi inventaris menu dengan mengetahui item menu mana yang laris manis dan mana yang tidak. Dengan ESB Order, AI mempersonalisasi menu agar sesuai dengan preferensi pelanggan. Sementara itu, di ESB Loop, AI membantu Anda mengenal pelanggan lebih baik dengan mengumpulkan data dan kebiasaan pelanggan.

Sebagai spesialis di industri F&B, ESB berinovasi dengan memberikan solusi baru yang membantu para pengusaha kuliner secara otomatis meningkatkan keuntungannya. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan hidup pemilik usaha dan mengurangi beban biaya, karena tidak perlu menggunakan jasa analis data, akuntan, auditor atau konsultan bisnis. Pebisnis bisa menghemat ratusan juta hingga miliaran dalam setahun.

OLIN, asisten kecerdasan buatan yang meningkatkan penjualan dengan akurasi 90%. OLIN bertindak sebagai asisten AI yang memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti kepada pelaku bisnis makanan dan minuman baik di tingkat UMKM maupun perusahaan.

Gunavan, CEO dan salah satu pendiri ESB mengatakan, “Dengan berkembangnya digital, bisnis F&B menghadapi berbagai tantangan untuk mengelola bisnis dan meningkatkan penjualan. Padu padankan menu, cegah penipuan dan pastikan kesehatan bisnis Anda,” Kamis (5 Februari 2024).

Empat fitur utama OLIN meliputi: Semua data dikumpulkan dan diproses di server ESB, menjamin keamanan dan kerahasiaan data. Dan keakuratan pengolahan data dilakukan secara detail dan tepat setiap harinya serta disajikan laporan secara lengkap dan detail. Kedua, keandalan OLIN telah diuji di beberapa merchant ESB selama dua tahun, memproses data real-time dari transaksi harian masing-masing merek untuk memastikan rekomendasi yang diberikan bersifat spesifik. Terakhir, kenyamanan memiliki pengalaman pengguna yang sederhana dan OLIN memastikan bahwa data Anda diproses secara otomatis dan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti disajikan.

“OLIN diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan restoran. Kami berharap setidaknya 80% pengguna ESB saat ini dapat menggunakan OLIN sebagai asisten bisnis,” ujar Fitriana Dia, Chief Marketing Officer ESB. “, tutupnya.

Simak videonya di bawah ini: Video: Keuntungan Bisnis Kopi Asli Indonesia (ayh/ayh)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours