Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Astra International (ASII) Cetak Laba Rp7,46 Triliun di Kuartal-I 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Astra International Tbk (ASII) melaporkan laba bersih sebesar Rp 7,46 triliun pada kuartal I 2024. Angka tersebut turun 14% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 8,72 triliun.

Terdapat sedikit peningkatan laba bersih jika tidak memperhitungkan penyesuaian nilai wajar investasi di GOTO dan Hermina, yakni sebesar Rp8,13 triliun, turun 5% year-on-year (y/y).

Mengutip laporan keuangan, laba tersebut diraih melalui laba bersih Rp 81,21 triliun. Pendapatan tersebut turun 2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp4,76 triliun.

Laba bersih ASII terutama berasal dari kontribusi otomotif (Rs 2,75 triliun), jasa keuangan (Rs 2,09 triliun), serta alat berat, pertambangan, konstruksi, dan energi (Rs 2,79 miliar). Sisanya berasal dari sektor pertanian pangan, infrastruktur dan logistik, serta real estate.

Penurunan hasil mencerminkan memburuknya aktivitas alat berat, pertambangan dan otomotif Grup.

Nilai aset bersih per saham per 31 Maret 2024 lebih tinggi 4% dibandingkan 31 Desember 2023. Kas bersih, di luar anak perusahaan jasa keuangan Grup, mencapai Rp 7,4 triliun per 31 Maret 2024. Utang bersih perusahaan keuangan Sektor Anak Perusahaan Jasa Grup meningkat menjadi Rp54,3 triliun per 31 Maret 2024, dari Rp52,2 triliun pada akhir tahun 2023.

“Pencapaian Grup pada kuartal pertama tahun 2024 memburuk, terutama disebabkan oleh situasi ekonomi yang lemah dan penurunan harga batubara dibandingkan dengan tingkat harga yang tinggi sebelumnya. Meskipun terdapat tantangan-tantangan ini, Grup tetap optimis terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Didukung oleh neraca keuangan yang solid. Grup dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi memiliki posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan jangka panjang,” jelas Djony Bunarto Tjondro, CEO ASII, dalam keterangan resminya. Simak videonya di bawah ini: Vidoe: Boeing Makin Terpukul, Umumkan Kerugian Rp 5,7 Ton di Kuartal I 2024 (fsd/fsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *