Jangan Ngotot Beli Rumah Sebelum Jawab Pertanyaan Ini

Batavia, CNBC Indonesia – Sebelum memutuskan membeli rumah, ada beberapa aspek finansial penting yang perlu diperhatikan. Ramit Sethi, bintang Netflix terkenal dan penulis “I Will Teach You to Be Rich,” menawarkan lima pertanyaan penting yang dapat membantu Anda membuat keputusan finansial yang lebih cerdas saat membeli rumah pertama.

Dalam postingan di akun Instagramnya, Sethi menekankan pentingnya memiliki alasan yang jelas dalam membeli rumah. Sebab, rumah sebagai sebuah benda bukanlah barang murah.

Banyak orang yang membutuhkan pembiayaan dari bank atau lembaga keuangan lainnya untuk mewujudkan rumah idamannya. Sebelum membeli rumah, ada baiknya jawab pertanyaan berikut ini: Apakah Anda ingin tinggal di sana lebih dari 10 tahun?

Memiliki rumah yang jauh dari kantor atau tempat keramaian lainnya bisa menjadi beban tambahan. Rumah yang tidak ditempati dengan baik mempunyai resiko kerusakan yang lebih besar sehingga menyebabkan biaya perbaikan rumah tidak melebihi 28% dari pendapatan bulanan?

Jika tagihan seperti listrik, air, keamanan, dan biaya lain-lain melebihi 28% pendapatan bulanan Anda, bagaimana Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengelola pembayaran kredit Anda? ?

Uang muka rumah biasanya sekitar 20% dari harga rumah, ditambah uang muka dan biaya lainnya. Pastikan Anda memiliki cukup uang untuk ini.

Bagaimana jika harga rumah turun?

Berinvestasi dalam aset adalah risiko harga. Jika Anda membeli rumah sebagai investasi, bersiaplah menghadapi risiko tersebut, apakah Anda puas dengan keputusan Anda membeli rumah tersebut?

Jangan abaikan dampak emosional dari keputusan keuangan Anda. Jika membeli rumah membuat Anda stres atau merasa terbebani secara finansial, mungkin ini bukan saat yang tepat untuk membeli rumah.

Keputusan membeli rumah merupakan suatu hal yang serius dan memerlukan pertimbangan yang matang. Pastikan Anda mempertimbangkan semua faktor finansial dan emosional sebelum membuat keputusan akhir. Tonton di Bawah: Video: Bank Muda Menafkahi Rumahnya dengan KPR, Ini Prospeknya! (aak/aak)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours