Kereta Cepat Whoosh Tak Setop di Stasiun Karawang, KCIC Buka Suara

JAKARTA, CNBC Indonesia – Stasiun Whoosh Karawang masih berperan penting dalam kelancaran Whoosh saat ini, meski belum sepenuhnya melayani penumpang. Setelah diresmikan pada Oktober 2023, Stasiun Karawang saat ini berfungsi melayani penyediaan kereta cepat Whoosh tujuan Halim dan Tegaluar dalam kondisi aman.

Sekretaris Perusahaan GM Eva Chairuniza mengatakan di tengah proses peningkatan aksesibilitas oleh seluruh pemangku kepentingan, Stasiun Karawang tetap berperan penting dalam perjalanan Whoosh yang jumlahnya terus bertambah.

“Saat ini trip Whoosh mencapai 52 trip, jumlah tersebut terus bertambah dari awal 14 trip per hari saat diresmikan. Sejak awal, petugas Stasiun Karawang terus memastikan berbagai fasilitas dan layanan operasional dapat terus beroperasi. lancar,” kata Eva dalam keterangannya, dikutip Senin (29/4/2024).

Petugas tersebut meliputi petugas operasional, pelayanan, keselamatan dan kebersihan untuk memastikan stasiun dan jalur kereta api selalu dalam kondisi prima. Hal ini mencakup pengontrol komprehensif untuk menjaga status seluruh fasilitas layanan seperti mesin tiket, gerbang, PIDS, CCTV, penerangan, dan AC.

Tidak hanya itu, terdapat juga unit darurat yang siap dipanggil di Stasiun Karawang, yang beroperasi jika terjadi keadaan darurat dalam pengaturan perjalanan Whoosh lokal. Unit ini merupakan perpanjangan tangan dari Operations Control Center (OCC) Whoosh yang berlokasi di Tegalluar, sehingga kehadirannya sangat penting agar Whoosh dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“KCIC akan memastikan penempatan petugas yang ada di Stasiun Karawang dimaksimalkan dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan operasi Whoosh,” tambah Eva.

Kemudian, terdapat juga jalur mini-storage untuk menyimpan kereta-kereta kerja yang berfungsi untuk pemeliharaan lintasan serta penanganan dan perbaikan yang cepat jika terjadi masalah pada lintasan Jakarta-Bandung.

Untuk layanan antar jemput penumpang, KCIC bersama seluruh pemangku kepentingan terus meningkatkan aksesibilitas di Trans Heksa Karawang (THK), Stasiun Karawang di kawasan Deltamas, serta Tol Jakarta-Cikampek.

Nantinya, akses dari THK dan Deltamas sekitar 1,5 km menuju Stasiun Karawang yang sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk masuk ke tahap persiapan konstruksi.

Sedangkan Yapek sedang dalam tahap pembebasan dan pembangunan lahan akses dari Bidesar. Pembangunannya kemungkinan akan dilaksanakan tahun ini dalam rangka proyek strategi nasional pemerintah pusat.

Dengan akses ini, Stasiun Karawang akan terhubung dengan berbagai kawasan industri, perkotaan, dan kawasan komersial. KCIC juga terus menjalin kerja sama dengan berbagai penyedia layanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan konektivitas antarmoda dari dan ke Stasiun Karawang.

“Karawang sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara pasti membutuhkan transportasi modern yang baik. Layanan Kereta Cepat Whoosh akan terus kami garap agar masyarakat di sekitar Stasiun Karawang bisa segera merasakan manfaatnya,” tutupnya. Tonton video di bawah ini: Gerbong kereta berkecepatan tinggi yang menakjubkan saat hujan (wur/wur)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours