Masa Kejayaan Aceh Bisa Terulang, Lewat ‘Harta Karun’ Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan, kesuksesan Aceh di bidang produk migas kemungkinan besar akan terulang kembali.

Hal ini menyusul ditemukannya sumber gas utama di sumur eksplorasi laut dalam Tangkulo-1 yang dibor oleh Mubadala Energy di blok South Andaman. Sumur Tangkulo-1 diperkirakan mengandung lebih dari 2 triliun kaki kubik (TCF) gas.

“Bagus sekali. Beliau (Mubadala) yang terakhir mendapat 2 TCF lagi di lapangan,” kata Arifin di sela-sela Konferensi dan Pameran IPA ke-48 (IPA Convex 2024) di ICE BSD City di Tangerang, Selasa (14/ 05/2024).

Menurut Arifin, pada tahun lalu Mubadala Energy juga menemukan cadangan gas dengan potensi gas sebesar 6 TCF melalui pengeboran sumur Layaran-1 di blok South Andaman.

Selain itu, ia juga membeberkan penemuan gas di blok South Andaman dari sumur Timpan-1 di blok Andaman II yang dioperasikan Premier Oil. Sedangkan potensi sumur Timpan-1 diperkirakan sebesar 5,5 TCF. “Kami minta Mubadala mempercepatnya. Saya berharap semua KKKS di sana ikut bergabung,” kata Arifin.

Sebelumnya, CEO Mubadala Energy Mansoor Mohammed Al Hamed mengatakan bahwa selain keberhasilan Mubadala baru-baru ini di sumur Layaran-1, penemuan yang mengubah permainan ini menjanjikan perubahan lanskap energi di Indonesia dan Asia Tenggara serta menunjukkan bahwa blok Andaman Selatan adalah proyek yang menjanjikan. sumber energi. di dunia ini.

“Dengan bekerja sama dengan mitra dan mengerahkan kemampuan teknis global, saya yakin kami akan mampu mewujudkan potensi penuh dari blok ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung agenda pembangunan pemerintah. Informasi ini akan memperkuat kemampuan kami untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan. transisi energi melalui gas strategis,” ujarnya.

Menurut Mansoor, Mubadala Energy, dengan 80% sahamnya di blok South Andaman, merupakan pemilik areal bersih terbesar di wilayah lepas pantai utara Pulau Sumatera.

“Sejalan dengan strategi berbasis gas perusahaan, sumur Tangkulo-1 merupakan pilar penting dalam narasi pengembangan kami karena penemuan ini membuka potensi tambahan di bagian selatan blok Andaman Selatan dan menunjukkan potensi tambahan sumber daya gas dari beberapa TCF di wilayah tersebut. struktur di sekitarnya.” ” dia berkata.

Pada saat yang sama, penemuan ini, bersama dengan sumur, akan meningkatkan volume cadangan kontingen Layaran-1 dan memberikan Mubadala Energy sarana untuk melanjutkan pertumbuhan organik di wilayah tersebut melalui kegiatan eksplorasi dan penilaian lebih lanjut. Simak video berikut: Video: ESDM Lelang 5 Blok Migas Baru, Janji Beri Insentif (pgr/pgr)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours