Minuman Alami yang Efektif Lancarakan BAB Menurut Ahli Diet

JAKARTA, CNBC Indonesia – Kesulitan buang air besar atau rasa sembelit bisa menyebabkan sakit perut. Hal ini juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jika tidak ditangani.

Selain mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat, ada banyak minuman yang ampuh mengatasi sembelit. Selain air untuk membantu Anda tetap terhidrasi, kopi dan buah plum adalah minuman terbaik yang bisa dipilih untuk mengatasi sembelit, kata ahli diet Lorraine Manaker.

Menurut Eat This Not That, ada beberapa alasan penting mengapa minum kopi dan jus plum di pagi hari bisa melancarkan buang air besar. Kopi

Pertama, minum kopi berinteraksi dengan sistem pencernaan Anda. Menurut Manaker, kopi dapat merangsang sistem pencernaan dengan meningkatkan gerak peristaltik, atau pergerakan usus untuk mengeluarkan isi perut.

Dengan kata lain, minum kopi menyebabkan otot-otot usus besar berkontraksi, yang biasanya mengakibatkan buang air besar.

Selain merangsang sistem pencernaan, keasaman alami kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga membantu pencernaan.

Baik kopi berkafein maupun tanpa kafein mengandung asam yang meningkatkan gastrin, hormon spesifik yang dapat meningkatkan kontraksi otot yang menyebabkan buang air besar.

Bagi banyak orang, minum air panas di pagi hari merangsang buang air besar, kata sang manajer. Namun, penting untuk dicatat bahwa reaksi orang terhadap kopi bisa berbeda-beda, dan beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap efeknya dibandingkan yang lain.

2. Jus buah plum

Jika Anda bukan peminum kopi, jus plum juga merupakan alternatif yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus plum kaya akan senyawa fenolik seperti asam neoklorogenik dan klorogenat.

Bahan-bahan tersebut merupakan obat pencahar alami dan dapat meningkatkan fungsi usus. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan frekuensi buang air besar.

“Jus plum sering dianggap sebagai obat alami untuk sembelit karena serat makanan dan sorbitolnya,” kata Manakar.

Sorbitol, gula alkohol alami dari buah plum, bertindak sebagai pencahar dengan menarik air ke dalam usus, melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Simak videonya di bawah ini: Video: Tips Sukses Menghasilkan Uang di Bisnis ‘Specialty Coffee’ (hsy/hsy)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours