Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Syariah

RI Garap Strategi Quick Wins, Kejar Target Masuk OECD

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan rangkaian pertemuan tingkat menteri Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (PTM OECD) di Paris, Prancis, yang rencananya akan digelar pada 2 hingga 3 Mei 2024. Di sela-sela konferensi, Airlangga menggelar pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal OECD Matthias Cormann.

Airlangga mendapat sambutan hangat dari Sekjen Cormann di Muette Castle, markas OECD. Dalam pertemuan tersebut, Bapak Airlangga menyampaikan apresiasi atas dukungan Sekjen Cormann dalam mempercepat pengelolaan proses aksesi OECD Indonesia.

Menurut Airlangga, Indonesia sudah mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan OECD pada Juli 2023. Dalam waktu singkat, yakni pada Februari 2024, diperoleh keputusan dari Dewan OECD yang seluruh 38 negara anggota OECD sepakat untuk memulai proses keanggotaan. Bergabung dengan Indonesia. ke OECD.

Airlangga mengatakan, setelah serah terima peta aksesi Indonesia di PTM OECD hari ini, Indonesia bermaksud untuk menyerahkan kesepakatan awal paling cepat pada tahun 2025.

Perjanjian awal adalah dokumen yang diserahkan oleh negara-negara yang dicalonkan menjadi anggota OECD untuk mengukur tingkat harmonisasi peraturan, kebijakan, dan praktik mereka.

Dokumen ini adalah yang pertama dari serangkaian proses untuk menyelaraskan peraturan, kebijakan dan standar nasional dan OECD.

Selaku Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Menko Airlangga mengungkapkan, proses koordinasi dan komunikasi internal dengan Negara Anggota OECD dan mitra internasional lainnya dilakukan secara serius.

Hal ini untuk memastikan proses aksesi Indonesia berlangsung cepat dan sipil. Sebagai quick win, Indonesia akan memprioritaskan sektor-sektor yang sebelumnya telah mengadopsi standar dan kebijakan OECD untuk menyelesaikannya terlebih dahulu, kata Airlangga.

Mr Cormann menjelaskan bahwa keanggotaan Indonesia juga menambah nilai strategis bagi OECD. Tidak dapat disangkal bahwa Indonesia, negara dengan ekonomi besar dan satu-satunya anggota G20 di Asia Tenggara, adalah pemain utama dalam tata kelola global.

Dalam pertemuan tersebut, Cormann juga menyampaikan rencananya akan berkunjung ke Indonesia pada akhir Mei 2024. Dalam kunjungan tersebut, Pak Corman dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto sehubungan dengan peluncuran Peta Masuk Indonesia.

Turut mendampingi Airlangga dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Sekretaris Jenderal Kementerian Koordinator Perekonomian, Deputi Menteri Koordinasi Kerjasama Luar Negeri Kementerian Koordinator Perekonomian, dan Duta Besar RI untuk Andorra di Prancis. . , Monaco, Delegasi Republik Indonesia untuk UNESCO.

Simak videonya di bawah ini: Video: Timur Tengah Mulai Cooldown, Begini Reaksi Menko Airlangga (sigh/sigh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *