Simak Saran ADB ke RI Biar Bisa ‘Terbang’ Jadi Negara Maju di 2045

TBILISI, CNBC Indonesia – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis Indonesia akan menjadi negara maju pada tahun 2045 seiring dengan bonus demografi yang sedang berlangsung.

Menurut Jiro Tominaga, Country Director Asian Development Bank (ADB) untuk Indonesia, peluang tersebut terbuka. Meskipun upaya-upaya yang belum dilakukan di tengah situasi global yang tidak menentu masih terasa berat, Zero menyarankan agar pemerintah fokus melanjutkan reformasi struktural yang sudah berjalan setelah krisis mata uang pada tahun 1998. Berbicara di sela-sela Pertemuan Tahunan ADB yang ke-57, ia mengatakan: ” Jika Anda melihat perekonomian Indonesia saat ini dibandingkan dengan situasi sebelumnya pada tahun 1998, dan reformasi yang serius, penguatan kerangka politik, maka Indonesia harus melanjutkan dan mempercepatnya.” Ada beberapa hal yang perlu diterapkan di TBILISI, Georgia pada Minggu (5/5/2024). Salah satunya terkait produktivitas. Studi ASEAN bertajuk Regional Study on Labour Productivity in ASEAN menunjukkan produktivitas tenaga kerja Indonesia menduduki peringkat keenam di antara 10 negara dengan $23,89 ribu per pekerja. Produktivitas tertinggi ada di Singapura sebesar 149,05 ribu dollar AS. Menurut Ziro, pemerintah harus memiliki kebijakan yang dapat meningkatkan produktivitas. Langkah selanjutnya adalah menciptakan lingkungan bisnis yang kompetitif. Kedua hal tersebut menarik investasi dan berdampak positif terhadap perekonomian. Dari segi kebijakan, pemerintah Indonesia menekankan bahwa upaya melawan perubahan iklim merupakan hal yang serius. Jiro menyambut baik komitmen ini. “Ekonomi hijau diharapkan menjadi sumber utama pertumbuhan industri hijau dan ini merupakan kebijakan yang sangat penting,” katanya, seraya juga menyarankan agar pembangunan manusia tidak boleh diabaikan. Bahkan jika pemerintahan baru akan menggantikannya, kebijakan-kebijakan yang mengarah pada pembangunan manusia harus terus berlanjut.

Dia menyimpulkan: “Manufaktur juga. Penting karena sumber daya ekonominya besar.” Asian Development Bank (ADB) memperkirakan perekonomian Indonesia akan terus tumbuh kuat sebesar 5% pada tahun 2024 dan 2025. Pada periode tersebut akan berada pada level 2,8%. Tonton video di bawah ini: Video: Perekonomian Asia-Pasifik Diproyeksikan Tumbuh 4,9% pada tahun 2024 (miq/miq)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours