Jurnal Berita

Sebuah Berita dan Informasi dari Seluruh Dunia

Market

Sosok Crazy Rich Muslim Terkaya Dunia, Ternyata dari Negara Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada banyak nama dalam daftar orang terkaya di dunia yang diketahui beragama Islam. Anggota kelompok Muslim ini berasal dari Nigeria, India dan Pakistan. Mereka berhasil meraih kesuksesan dalam bisnisnya di berbagai industri dan berbagai bidang.

CNBC Indonesia menghimpun, ada tiga umat Islam terkaya di dunia yang memiliki aset senilai ratusan miliar rupee. Bahkan kekayaan salah satu di antara mereka disebut-sebut mengalami peningkatan sehingga membuatnya masuk dalam daftar 200 orang terkaya di dunia.

Untuk lebih jelasnya, berikut tiga orang Muslim terkaya di dunia: Aliko Dangote

Aliko Dangote, CEO Dangote Group, adalah Muslim terkaya di seluruh Afrika dengan kekayaan $14,2 miliar, kata Real Time Billionaires Forbes, Senin (29/4/2024). Penduduk asli Nigeria ini adalah orang terkaya ke-10 dan ke-36 di dunia.

Sumber kekayaannya adalah Dangote Cement. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan semen terbesar di Afrika, memproduksi 48,6 juta unit semen per tahun dan menguasai 85 persen pasar semen.

Dangote pun melebarkan sayap usahanya ke produk pupuk yang baru dirintisnya pada pertengahan tahun lalu. Selain itu, ia juga sedang membangun kilang minyak bernama Dangote Refinery yang disebut-sebut terbesar di dunia. Shahid Khan

Selain itu, Shahid Khan adalah seorang Muslim Amerika-Pakistan yang merupakan orang terkaya ke-164 di dunia dengan kekayaan bersih $12,1 miliar.

Ini adalah perusahaan teknik otomotif dan mengoperasikan 69 pabrik di seluruh dunia dengan sekitar 26.000 karyawan.

Khan juga memiliki klub sepak bola Amerika, Jacksonville Jaguars NFL, yang dibelinya pada tahun 2012. Setahun kemudian, ia juga membeli klub sepak bola Inggris Fulham FC.

Pada tahun 2019, ia bersama putranya Tony Khan meluncurkan All Elite Wrestling yang menjadi wadah hiburan gulat profesional bersaing dengan WWE asal Amerika Serikat. Setahun kemudian, ia menjadi investor utama di Black News Channel (BNC) di AS. Premji sayang

Terakhir, Azim Premji adalah seorang Muslim dari Gujarat, India, yang memiliki kekayaan bersih $11,7 miliar. Azim adalah pendiri Wipro, sebuah perusahaan perangkat lunak yang merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di India.

Dia pertama kali belajar di Universitas Stanford di Amerika, tetapi harus belajar setelah kematian ayahnya. Perusahaan bahkan memiliki pabrik di Silicon Valley dan fokus mengembangkan teknologi baru serta bekerja sama dengan startup di sana.

Dengan kekayaan tersebut, Azim Premji menduduki peringkat 168 orang terkaya di dunia. Simak video di bawah ini: Video: RKAB Tambang Nikel Banyak Terjebak, Kata ESDM (mkh/mkh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *