Yakin Sudah Mapan? Bisa Jadi Kamu Masih di Level Ini..

Jakarta, CNBC Indonesia – Konsep kebebasan finansial yang kuat memiliki definisi yang berbeda-beda bagi setiap orang karena setiap orang memiliki masalah dan tujuan finansial yang berbeda-beda. Namun bagi praktisi FIRE (Financial Independent Retire Early), konsep ini dapat dipecah menjadi lima tahapan berbeda.

Secara umum, para praktisi BOMBA dan keluarganya menerapkan gaya hidup hemat. Mereka mengalokasikan sebagian besar pendapatannya untuk menabung dan berinvestasi.

Namun, tidak semua orang bisa menerapkan strategi ini apalagi jika pendapatan bulanannya tidak besar. Misalnya, bagi seseorang yang berpenghasilan sekitar dua kali upah minimum rata-rata, akan sulit mengalokasikan lebih dari 50% pendapatannya untuk investasi.

Jessica Fick, seorang praktisi KEBAKARAN mengidentifikasi lima tingkat keamanan finansial yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya seperti dilansir CNBC Make It

Bebas hutang adalah langkah pertama menuju kesuksesan. Bukan rahasia lagi bahwa apa pun jenis utang yang kita miliki, kita akan selalu memiliki pengeluaran pasif, dan utang juga mengikis nilai kekayaan kita.

Dengan mengeluarkan seseorang dari utang, Anda sebenarnya bisa mengalokasikan lebih banyak uang untuk ditabung atau diinvestasikan. Uang “F You”.

F Kamu mewakili “Forget You”, dan F Kamu mewakili apa?

“Ini juga emosi (terkait keuangan). Ini adalah (tahap) di mana Anda sudah memiliki situasi keuangan (lebih stabil) di mana Anda sendiri dapat memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan sambilan dan memulai bisnis baru,” kata Jessica Fick, di Do It CNBC.

Berapa banyak tabungan yang harus mereka miliki pada tingkat ini? Tentu saja hal itu berubah, namun Fick menegaskan kembali bahwa jika Anda tidak memiliki keberanian untuk berhenti dari pekerjaan Anda, Anda belum berada pada titik ini.

Kata FI berarti Kemandirian Finansial. Untuk mengetahui apakah Anda berada pada level tersebut tentunya memerlukan perhitungan matematis.

Pertama, Anda perlu mengetahui berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk pensiun muda. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengalikan jumlah pendapatan tahunan yang Anda anggap “cukup” untuk membantu Anda melewati masa pensiun dengan 25.

Katakanlah, dana pensiun dini impian Anda adalah Rp 10 miliar. Jadi untuk masuk ke level Coast FI, Anda harus memiliki dana yang diyakini akan segera mencapai Rp 10 miliar jika rutin berinvestasi di instrumen keuangan yang ada.

Faktanya, buatlah perhitungan yang sangat masuk akal dengan metode konservatif. Jangan terlalu optimis, karena pasti ada risiko semi pensiun dalam setiap proses investasi

Tentu saja, ketika Anda berada di level ini, Anda dapat bekerja sesuai kecepatan Anda sendiri. Anda mungkin dapat menyisihkan 1-2% dari total tabungan pensiun Anda untuk camilan atau bersenang-senang, karena dana pensiun Anda sangat dekat dengan tujuan Kemandirian Finansial Anda.

Tingkatan ini disebut dengan Financial Independence atau kebebasan finansial. Ini adalah keadaan dimana Anda tidak lagi pusing jika ingin mengeluarkan uang untuk apapun yang Anda suka, baik itu belanja, liburan atau aktivitas belanja lainnya.

Dapat dikatakan bahwa mereka yang mandiri secara finansial berhak mendapatkan pensiun. Beberapa dari mereka dapat menggunakan semua uang yang mereka miliki untuk menghasilkan lebih banyak uang dan membiayai hidup mereka.

Berdasarkan level, di level manakah Anda saat ini? Tonton video di bawah ini: Video: Banyak Penipuan Beasiswa Perguruan Tinggi, Bisakah Korban Mengajukan Tuntutan Hukum? (aak/aak)

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours